Rabu, 23 Juli 2014

RPP TKJ K3LH Dalam Penggunaan TIK

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)
Sekolah                                   :  SMK ***
Mata Pelajaran                        :  Teknik Komputer dan Jaringan
Kelas / Semester                      :  X  / 1
Materi Pokok                          :  Kesehatan dan Keselamatan Kerja dalam penggunaan TIK
Alokasi Waktu                        :  1 x 45 Menit

A.    Kompetensi Inti (KI)
KI 1 Menghargai dan menghayati nilai kesabaran dan ketekunan dalam berusaha.
KI 2 Menghargai dan menghayati perilaku bertanggung jawab, rasa peduli, Kerja kelompok, keikutsertaan dalam mengerjakan tugas kelompok, dan  keaktifan dalam belajar.
KI 3 Melaksanakan prosedur K3, Menerapkan konsep lingkungan hidup serta Menerapkan pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K)
KI 4 Mendeskripsikan keselamatan dan kesehatan kerja (K3)
B.     Kompetensi Dasar dan Indikator
Menerapkan prosedur lingkungan kerja tentang kesehatan, keselamatan dan keamanan
Indikator   :
1.      Memiliki sifat bersemangat dalam belajar dan tidak putus asa saat menemui kesulitan
2.      Memiliki kemauan bekerjasama dan kepedulian terhadap sesama.
3.      Mengetahui prinsip-prinsip Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3)
C.    Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran diharapkan:
1.      Siswa bersemangat dan tidak mudah menyerah.
2.      Siswa bekerja sama dan peduli terhadap sesama.
3.      Siswa mampu Mengetahui prinsip-prinsip Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3).
D.    Materi Pembelajaran
Pertemuan I
Menerangkan tentang Kesehatan dan keselamatan kerja dalam TIK. (Materi terlampir)
E.     Metode Pembelajaran
Model Pembelajaran         : Inquiry dan Kooperatif
Metode Pembelajaran       : Ceramah Plus (Ceramah, Diskusi kelompok, Pemecahan masalah, Tanya jawab)
F.     Media,  Alat,  dan Sumber Belajar
Media                 : PPT, Buku, dan Modul.
Alat / Bahan       : Laptop, LCD, Alat tulis menulis.
Sumber Belajar   : 2014. modul k3lh versi Indonesia
                                http://realartefac.blogspot.com201302k3lh.html.
                           2011. Materi Pembelajaran K3LH.
                                        http://bluestar-7.blogspot.com/2011/10/materi-pembelajaran-k3lh.html.

G.    Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
NO.
Kegiatan
Alokasi waktu
Guru
Siswa
A.
Pendahuluan
( 7 menit )
1.    Guru memberi salam, tegur sapa, mengabsen siswa, memberi informasi target  yang akan dikuasai setelah selesai pembelajaran.
2.    Menggali pengetahuan awal siswa tentang K3LH : Apakah K3LH itu?
Bagaimana menerapkan K3LH dalam belajar?
Apa tujuan mempelajari K3LH dalam kehidupan sehari-hari dalam belajar?
3.    Membagi kelas dalam 5 kelompok


1.    Mempersiapkan untuk mulai pelajaran dan mendengarkan penjelasan guru

2.    Siswa mencoba untuk menjawab pertanyaan guru





3.    Berkelompok sesuai kelompoknya masing-masing






7 menit





B.
Kegiatan Inti ( 30 menit )

Eksplorasi
1.    Guru memberikan kesempatan kepada siswa melakukan eksplorasi dari literature yang dimiliki.
2.    Guru menggali pengetahuan awal siswa tentang K3LH untuk memancing pengetahuan siswa.
3.    Guru menggambarkan prinsip-prinsip kesehatan dan keselamatan kerja (k3) dalam TIK




Elaborasi
1.    Guru mempersilahkan setiap kelompok mendiskusikan Prinsip-prinsip K3 dalam TIK sesuai materi yang telah dibagikan (materi terlampir)
2.    Guru memberikan bimbingan dan memantau jalannya diskusi kelompok.
3.    Guru meminta perwakilan kelompok untuk menyampaikan hasil diskusi di depan kelas.


4.    Guru meminta siswa kelompok lain untuk menanggapi jawaban yang sudah disampaikan temannya di depan kelas.

5.    Guru memberikan skor hasil diskusi dan individu.


Konfirmasi
1.    Guru bersama siswa membahas jawaban yang benar.

2.    Guru mengkonfirmasi mengenai materi Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) dalam Penggunaan TIK



1.    Siswa membaca literature yang mereka miliki dan mencatat hal-hal yang penting.
2.    Siswa mempelajari prinsip-prinsip K3LH

3.    Siswa memperhatikan gambar dari guru dan mencatat hal-hal yang akan ditanyakan dari penjelasan tersebut.



1.    Siswa menerima LKS yang diberikan guru




2.    Siswa mendiskusikan Prinsip-Prinsip K3 di kelompoknya masing-masing.
3.    Salah satu siswa dalam kelompok maju untuk menyampaikan hasil diskusi di depan kelas.

4.    Siswa di setiap kelompok boleh menanggapi jawaban temannya.


5.    Setiap kelompok mengumpulkan hasil diskusinya.


1.    Siswa memperhatikan dan mencatat jawaban yang benar.

2.    Siswa memperhatikan dan mencatat yang belum ada.







10 menit






















20 menit










C.
Penutup ( 8 menit )
1.    Guru membantu siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari.

2.    Guru mengadakan evaluasi

3.    Guru menutup pelajaran dengan mengucap salam.


1.     Siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari


2.     Siswa mengerjakan instrument evaluasi
3.      Siswa menjawab salam.
8 Menit


H.    Penilaian
1.      Sikap Spritual
a.       Teknik                               : Pengamatan (Spiritual)
b.      Bentuk Instrumen             : Mengamati perilaku siswa
c.       Kisi-Kisi                            :
No.
Butir Nilai
(Sikap Spriritual)
Indikator
Sikap spiritual
1.
Tekun dan sabar
Semangat belajar
Tidak putus asa jika menemui kesulitan
d.      Instumen                           : Lihat Lampiran 1
e.       Rubrik Penilaian                : Lihat Lampiran 2

2.      Sikap Sosial
a.       Teknik                               : Kerja sama kelompok
b.      Bentuk Instrumen             : Penerapan rasa peduli, keikutsertaan dalam
  mengerjakan tugas kelompok, dan  keaktifan.
c.       Kisi-Kisi                            :
No.
Butir Nilai (Sikap sosial)

Sikap Sosial
1
Tanggung jawab dan bekerjasama
Tanggung jawab terhadap Tugas Kelompok dan Aktif dalam kelompok
d.      Instumen                           : Lihat Lampiran 3
e.       Rubrik Penilaian                : Lihat Lampiran 4

3.      Pengetahuan
a.       Teknik                               : Soal Lisan
b.      Bentuk Instrumen             : Tanya jawab
c.       Kisi-Kisi                            :
No.
Indikator
Hasil Penilaian
4
3
2
1
1
Menjelaskan tentang Prinsip-Prinsip k3 dalam Penggunaan TIK




Rerata Skor Yang Diperoleh




d.      Instumen                           : Lihat Lampiran 5
e.       Rubrik Penilaian                : Lihat Lampiran 6
4.      Keterampilan
a.       Teknik                               : Presentasi Kelompok
b.      Bentuk Instrumen             : Lembar penilain keterampilan
c.       Kisi-Kisi                            :
No.
Indikator
Hasil Penilaian
4
3
2
1
1
Diskusi Kelompok




2
Presentasi Kelompok




3
Penguasaan Materi




Rerata Skor Yang Diperoleh




d.      Instumen                           : Lihat Lampiran 7
e.       Rubrik Penilaian                : Lihat Lampiran 8
I.       Evaluasi
1.      Jelaskan  yang dimaksud dengan Kesehatan dan Keselamatan kerja!
2.      Sebutkan gangguan kesehatan yang mungkin muncul akibat penggunaan computer!
3.      Menurut Anda apa saja  keuntungan yang diperoleh dalam mengaplikasikan K3LH dalam penggunaan TIK?

                                                                                                            Makassar, 16 Juli  2014
Menyetujui,    
Dosen pembimbing                                                                             Guru






Sumber :  Sartika. 2014. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Sartika.File Word

                  www.scribd.com/doc/59733818/RPP-K3LH

Tidak ada komentar:

Posting Komentar